• Pandu Laut Nusantara

Pandu Laut Nusantara Akan Bagikan 6 Kapal untuk Nelayan Kecil di Pulau Terluar Aceh


Pembagian Bantuan Perahu Nelayan/Susi Pudjiastuti

Pandu Laut Nusantara akan membagikan kapal untuk nelayan kecil di Pulau Simeulue, Provinsi Aceh.


Ketua Umum Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti mengungkapkan ada 6 kapal yang akan dibagikan di ujung utara Pulau Sumatera. Keenam kapal merupakan hasil kolaborasi program Susi Cek Ombak serta Benih Baik yang akan disalurkan melalui Pandu Laut Nusantara.


"Yang akan dibagikan ada 6 kapal dari Susi Cek Ombak. Empat untuk panglima laut, dua untuk konservasi dan pengamanan terumbu karang," jelas Susi pada Jumat (14/4).


Pendiri Pandu Laut Nusantara mengatakan lokasi pembagian kapal, Pulau Simeulue, dipilih karena merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia.


Dengan pembagian kapal ini, diharapkan dapat membantu tugas panglima laut sebagai lembaga adat masyarakat pesisir Aceh dalam mengawasi ruang laut. Pembagian yang dilaksanakan menjelang momentum lebaran 2022 ini juga diharapkan membuat nelayan lokal mendapatkan penghasilan tambahan sebelum Idul Fitri.


Penyerahan kapal ini akan dilaksanakan pada Sabtu siang (16/4) untuk panglima laut di Teluk Dalam dan dilanjutkan Minggu pagi (17/4) di Salur.


Bagi-bagi kapal untuk nelayan kecil merupakan salah satu program rutin yang dijalankan Pandu Laut Nusantara. Sebelumnya, sebanyak masing-masing 10 unit kapal sudah dibagikan untuk nelayan Pandeglang dan Kalianda pada akhir 2019.


Mereka ini merupakan para nelayan yang menjadi korban Tsunami Pandeglang 2018. Beberapa di antaranya kehilangan kapal akibat bencana tersebut sehingga sempat tak melaut selama nyaris satu tahun.


Aksi bagi-bagi kapal ini telah tertunda cukup lama lantaran merebaknya pandemi COVID-19. Kini setelah wabah corona mereda, Ketua Umum Pandu Laut Nusantara ingin kembali melanjutkan kegiatan bagi-bagi kapal untuk nelayan kecil.

Selain ke Aceh, juga sudah ada rencana membagikan kapal ke Palu dalam waktu dekat.

36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua