1-32.png
1-29.png

VISI
Kami

1-30.png

 Pandu Laut Nusantara menjaga dan merawat lautan kita agar senantiasa kaya, sehat, dan berlimpah seperti dulu.

Pandu Laut Nusantara berupaya menjadikan lautan kita terus diperhatikan dan lebih beragam serta berlimpah dengan memenangkan kebijakan di Indonesia yang mengatur keseluruhan kehidupan laut Indonesia.

 

Pandu Laut Nusantara didirikan pada tahun 2018, adalah gerakan kolektif independen dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu, suku dan kepercayaan tertentu, serta terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat berbasis kesukarelawanan yang memiliki kesadaran bersama untuk menjaga dan merawat laut Indonesia.

Laut adalah masa depan bangsa. Dua pertiga dari wilayah Tanah Air kita. Lautan menutupi 70 persen wilayah Indonesia, dan bagi kita sama pentingnya dengan luasnya.  Ribuan jenis ikan dan biota laut hidup di perairan Indonesia. Dari ikan lokal hingga yang sudah langka. Lautan menyediakan mata pencaharian bagi nelayan Indonesia. Laut Indonesia memberi makan jutaan orang dan memiliki kapasitas untuk menyediakan makanan laut yang sehat setiap harinya. Melimpahnya sumber daya laut ini jadi pedang bermata dua. Mendatangkan berkah namun bisa juga petaka. Hasil perikanan Indonesia menggoda di mata dunia. Adalah tugas kita bersama buat menjaganya. Merawat laut berarti menjaga sumber daya untuk anak cucu kita. Pandu Laut Nusantara didedikasikan untuk merawat, menjaga sertamemulihkan lautan Indonesia.

1-31.png

Masalah

Lautan Indonesia sangat luas, tetapi tidak kebal terhadap pengaruh manusia. Perilaku manusia telah mengakibatkan ekosistem laut rusak dan mendorong spesies berusia jutaan tahun ke jurang kepunahan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Science, kurang dari 4 persen lautan tetap tidak terpengaruh oleh aktivitas manusia.

Pandu Laut Nusantara diciptakan untuk mengidentifikasi solusi praktis dan mewujudkannya. Kabar baiknya adalah kita bisa mengembalikan lautan ke kejayaannya.

1-12.png

Berbasis Kampanye

Pandu Laut Nusantara menyalurkan sumberdaya kami pada kampanye strategis dan terarah untuk mencapai hasil terukur yang akan merawat, melindungi dan memulihkan lautan Indonesia ke tingkat kelimpahan dan kebersihan sebelumnya.

1-11.png
susi-pudjiastuti-geram-lihat-sampah-berserakan-di-pantai-pangandaran-awas-ya-saya-tenggela

Berbasis Fakta

Pandu Laut percaya pada pentingnya ilmu pengetahuan dalam mengidentifikasi masalah dan solusi untuk lautan.

1-13.png