ezgif.com-gif-maker.jpg

Tentang Pandu Laut

Pada 1 April 2018, kami mencetuskan Pandu Laut Nusantara di Pangandaran. Tiga bulan

kemudian, 15 Juli 2018 kami mendeklarasikan komunitas ini di Jakarta.

 

Pandu Laut Nusantara, komunitas yang berisikan orang-orang yang percaya dan ingin laut

masa depan bangsa bukan sekadar semboyan. Kami tidak terafiliasi dengan partai politik,

suku, kepercayaan tertentu. Terbuka untuk siapapun yang bersuka rela serta memiliki

kesadaran bersama menjaga dan merawat laut Indonesia.

 

Gerakan-gerakan kecil, edukasi, kampanye, hingga aksi-aksi kecil kami harapkan bisa berdampak besar di masa mendatang. Ekosistem laut yang rusak kami perhatikan lewat aksi konservasi mangrove hingga aksi bersih-bersih pantai.

 

Ancaman kepunahan biota laut kami harapkan bisa diantisipasi dengan pelepasliaran kembali spesies-spesies yang sudah langka. Aksi bagi-bagi kapal semoga bisa mengangkat sedikit kesejahteraan nelayan kecil.

 

Pandu Laut adalah mata, telinga dan suara dari laut. Dukung langkah kecil kami

dan bergabunglah menjadi pemandu lautan Indonesia.

Salam

1-22.png

Susi Pudjiastuti

Pendiri dan CEO Pandu Laut Nusantara

1-23.png
3_6.png

Susi Pudjiastuti

Pendiri dan CEO Pandu Laut Nusantara

Susi mendirikan Pandu Laut Nusantara pada pertengahan 2018. Pada Agustus 2020, Susi memimpin langsung Pandu Laut sebagai Ketua Umum/CEO.

 

Cerita Susi dan laut dimulai sejak nyaris 40 tahun silam. Susi mengawalinya sebagai pengepul ikan pada tahun 1983 di Pangandaran.

 

Usaha yang semula hanya menjajakan ikan dengan bersepeda, berkembang menjadi pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product pada 1996.

 

Pada 2014, Susi dipercaya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Ia terkenal dengan jargon tenggelamkan. Selama menjabat, total 558 kapal pencuri ikan ditenggelamkan terutama kapal-kapal asing.

 

Susi juga melarang penggunaan alat tangkap yang merusak lingkungan, seperti cantrang, pukat hela dan pukat tarik. Ekspor benih lobster juga tak diperbolehkan di era Susi Pudjiastuti. Berbagai kebijakan tersebut mendapat apresiasi serta penghargaan di kancah nasional dan internasional.

 

Pandu Laut Nusantara adalah wadah yang diinisiasi Susi untuk tetap gencar mengampanyekan laut sebagai masa depan bangsa. Kampanye laut bersih dari sampah plastik, kegiatan konservasi mangrove, penyelamatan biota langka, hingga aksi bagi-bagi kapal adalah sejumlah program yang diusung Susi bersama Pandu Laut Nusantara.

 

Susi Pudjiastuti

Founder and CEO Pandu Laut Nusantara

1-26.png

Keuangan

Dukungan Pandu Laut Nusantara berasal dari Ibu Susi Pudjiastuti, Perusahaan, dan individu dari berbagai kota di Indonesia. Pandu Laut Nusantara mendapat manfaat tidak hanya dari kontribusi berupa uang tunai, tetapi juga dari kontribusi barang dan jasa. Pandu Laut Nusantara terbuka juga untuk menerima kontribusi uang tunai, barang dan jasa dari Yayasan,organisasi maupun individu yang berada di luar Indonesia.

 

Silakan hubungi Pandu Laut Nusantara di alamat di bawah ini untuk informasi terkait pemberian kontribusi ke Pandu Laut Nusantara.

PENGURUS

Pandu Laut Nusantara

1-24.png

PENDIRI

Pandu Laut Nusantara

1-25.png
3_13.png

Influencer

Pandu Laut Nusantara menyambut baik dukungan para entertainer dan influencer yang ingin meningkatkan kesadaran dan sumber daya keuangan untuk konservasi laut. Baik itu advokasi untuk melindungi laut dan biota langka atau berpartisipasi dalam campaign stop menggunakan plastik sekali pakai, selebriti membuat dampak besar dan membantu Pandu Laut Nusantara mencapai kemenangan kebijakan yang memulihkan kesehatan dan kelimpahan laut.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendukung selebriti Pandu Laut Nusantara, silakan hubungi Mayang.

1-16.png