top of page
  • Gambar penulisPandu Laut Nusantara

BBM Sulit, Nelayan Keluhkan SPBU Khusus Tak Operasional


Sejumlah kapal nelayan parkir di dermaga TPI Paiton. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Nelayan yang kerap berlabuh di tempat pelelangan ikan (TPI) Paiton sering mengeluh perihal BBM. Hal demikian disebabkan karena adanya sejumlah SPBU khusus nelayan yang tidak lagi beroperasi.


Kepala Desa Sumberanyar, Paiton Andika Prayogo mengatakan, curhatan para nelayan sering masuk kepada pemerintah desa.


"Cukup banyak para nelayan yang mengalami kesulitan BBM. Hal ini menjadi kendala sendiri bagi para nelayan untuk melaut," katanya.


Sulitnya BBM membuat nelayan tak bisa melaut, ditambah dalam dua tahun belakangan, ada salah satu SPBU khusus nelayan yang tidak lagi beroperasi.


"Sudah dua tahun (SPBU khusus) tidak beroperasi. Sehingga mereka (nelayan) harus mencari bahan bakar," ujar Andika.


Kendati demikian, Pemdes telah melakukan sejumlah upaya untuk membantu para nelayan, merencanakan akan membuat kembali SPBU bagi para nelayan.


"Kami berencana menyiapkan kembali tempat pengisian BBM bagi para nelayan. Sebelumnya, upaya yang kami lakukan dengan memberi rekomendasi kepada nelayan untuk bisa mengisi di SPBU terdekat. Alhamdulillah sejumlah nelayan bisa mengisi BBM meski tidak semuanya," jelasnya.


Sementara itu, baik nelayan maupun Pemdes berharap, ada dukungan dari pemerintah daerah agar dapat menemukan solusi permasalahan yang cukup lama dialami tersebut.


Sumber: Radar Bromo

4 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page