top of page
  • Gambar penulisPandu Laut Nusantara

Kapal Karam Akibat Diterjang Ombak Besar, 22 Nelayan Selamat Usai 6 Jam Berenang di Laut


ABK yang selamat sampai di Pelabuhan Ikan Kluwut. (Foto: Istimewa)

Kapal nelayan KMN Rukun Jaya asal Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, tenggelam di Laut Utara Jakarta akibat diterjang ombak besar, pada Rabu (25/1/2023) lalu.


Dari kejadian tersebut, sebanyak 22 nelayan diselamatkan oleh kapal lainnya yang melintas di sekitar lokasi kejadian, Kamis (26/1/2023).


Sebelum diselamatkan puluhan nelayan itu berenang selama enam jam di laut, dari pukul 03.00 WIB, hingga pukul 09.00 WIB.


Kasatpolairud Polres Brebes, AKP Sutikno mengatakan, sejumlah 22 orang yang selamat sudah berhasil dipulangkan dan sampai di Pelabuhan Ikan Kluwut, Kabupaten Brebes, pada Kamis (26/1/2023) pukul 24.00 WIB.


"Mereka setelah itu langsung dievakuasi menggunakan mobil siaga dan mobil puskesmas menuju Puskesmas Kluwut untuk dilakukan pemeriksaan medis," jelasnya.


Dari informasi yang dihimpun, kapal nelayan KM Rukun Jaya berpenumpang 28 orang. Kapal tersebut dinahkodai oleh Sodikin (42).


Para nelayan itu bermaksud mencari ikan di tengah Laut Jawa. Namun nasib nahas, di tengah perjalanan, kapal terbalik dan tenggelam akibat hantaman ombak besar.


Berdasarkan keterangan ABK yang selamat, terdapat enam rekan mereka lainnya yang tenggelam.


Adapun data korban yang masih dalam pencarian, yaitu Wandi (20), Kocar (20), Jenal (30), Wahyudin (19), Hadi (18), dan Jamal (20).


Sementara itu, enam korban lainnya masih dalam proses pencarian. Proses pencarian tersebut melibatkan Tim SAR PKP, SAR Banten, SAR Jakarta, hingga SAR Pangkalpinang.


Sumber: Solopos.com

2 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page