• Pandu Laut Nusantara

Laut Menghasilkan hingga 80 Persen Oksigen di Dunia

Hutan kerap disebut sebagai paru-paru dunia lantaran jadi penghasil utama oksigen yang dihirup manusia. Nyatanya, laut juga memiliki sumbangsih cukup besar terhadap keberadaan oksigen.


ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Lautan diestimasikan menghasilkan 50 persen sampai 80 persen oksigen yang ada di bumi. Sebagian besar oksigen dari lautan dihasilkan oleh biota terkecil yakni plankton.


Cara plankton menghasilkan oksigen juga sama seperti pohon, berfotosintesis menggunakan klorofil dan cahaya matahari.


Para peneliti mengungkapkan bahwa kapasitas oksigen yang dihasilkan di tiap wilayah ini berbeda-beda. Tergantung pada berapa besar nutrisi yang terkandung di lautan yang bisa dikonsumsi plankton.


Kendati jumlah oksigen yang dihasilkan laut cukup besar, udara yang dihasilkan ini bukan oksigen yang biasa dihidup manusia. Namun, kontribusi oksigen lautan ini menjadi sama pentingnya karena biota-biota laut yang membutuhkan oksigen tersebut merupakan yang biasa dikonsumsi manusia.


Bersihnya oksigen lautan ini juga punya peran sama pentingnya dalam menjaga ekosistem laut tetap sehat. Pencemaran laut menjadi salah satu masalah yang mengancam kelangsungan ekosistem dan produksi oksigen ini yang juga menjadi salah satu sebab matinya biota laut.


Sumber: Biorock Indonesia.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua