• Pandu Laut Nusantara

Menghadap Laut Is Coming Back!




Sukses dilaksanakan 3 tahun lalu, Pandu Laut Nusantara kembali menggelar aksi Menghadap Laut pada Kamis, 18 Agustus 2022, untuk merayakan HUT ke-77 RI di Pangandaran.


Aksi Menghadap Laut sempat terhenti karena Covid-19. Kali ini, aksi Menghadap Laut berfokus pada aksi bersih-bersih untuk menjaga keindahan laut dari sampah-sampah, terutama sampah plastik di sepanjang laut Pangandaran.


Kawan-kawan Pandu Laut dapat ikut serta dengan mendaftarkan diri di link berikut:

https://forms.gle/EdyEnbEeyrVxmbp18


Yuk ikut berpartisipasi dalam Menghadap Laut 2022, kami tunggu kehadirannya!


Persoalan sampah plastik menjadi salah satu masalah yang mengancam sektor kelautan. Di Pandu Laut Nusantara, persoalan sampah plastik di laut ini menjadi salah satu masalah yang kami perhatikan secara serius. Ketua Umum kami, Susi Pudjiastuti, juga tak jarang mengungkapkan kekesalannya kala menemukan sampah plastik saat menghabiskan hari di pantai.


"Yang buang sampah ditenggelamkan, kok tega buang sampah plastik di laut," kata Susi Pudjiastuti.


Riset yang dilakukan Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) sampai memasukkan persoalan sampah ini menjadi satu dari 6 masalah utama yang mengancam laut Indonesia.


Data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021 menunjukkan limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun. Sebagian besar sampah plastik ini berujung menumpuk di laut. Studi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2018 menyebut setidaknya ada setengah juta ton sampah plastik ini yang berakhir di laut.


Demi terciptanya laut sebagai masa depan bangsa yang bersih dan tidak mengancam kelangsungan hidup ratusan spesies biota laut, langkah yang diambil oleh Pandu Laut adalah kembali menggelar aksi Menghadap Laut setelah sempat terhenti karena Covid-19.


"Kalau tidak bisa diubah, tidak menutup kemungkinan 2030 laut Indonesia akan lebih banyak sampah plastik dari pada ikannya," begitu kata Ketua Umum Pandu Laut Nusantara.


Mari bersama-sama dukung semua kegiatan Pandu Laut, dan jadilah bagian dari aksi Menghadap Laut.



18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua