• Pandu Laut Nusantara

NADINE ALEXANDRA: “SEKARANG SAYA BISA MASAK BANDENG PRESTO”


JAKARTA (Pandu Laut) – Banyak perubahan perilaku dan kebiasaan baru terjadi selama pandemi, hal ini juga dirasakan oleh Putri Indonesia 2010, Nadine Alexandra, yang menyibukkan diri mencoba resep-resep baru selama #dirumahaja.

“Biasanya sehari-hari saya dan suami makan menu sayuran, karena kami 90% vegan, hanya saja sekali-kali suami ingin makan ikan. Salah satu kesukaannya adalah bandeng presto dan karena tidak nemu bandeng presto yang sudah jadi, saya belajar bikin sendiri dan ternyata lumayan enak juga,” katanya girang.

Nadine bercerita, kalau selama #dirumahaja dia lebih banyak membaca buku yang selama ini ditunda-tunda karena terlalu sibuk dengan kegiatan lain. Selain membaca, sekarang Nadine jadi lebih sering masak dan belajar resep-resep baru.


Nadine yang juga cinta lingkungan memberikan tanggapan atas perubahan langit Jakarta sejak pandemi terjadi.

“Setiap tahun saya merasa bahwa langit kita semakin abu-abu dan tebal dengan polusi tetapi sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditetapkan di Jakarta, saya lebih sering melihat langit yang biru, awan-awan putih dan sinar matahari yang indah dan cerah,” kata Nadine.

Nadine menambahkan, kalau hanya melihat situasi ini dari sisi bumi dan lingkungan hidup dan bukan dari sisi kemanusiaan, secara garis besar jelas bahwa PSBB dan berkurangnya aktivitas manusia berdampak positif terhadap alam. Dengan mayoritas penduduk tidak boleh keluar rumah, emisi karbon yang dikeluarkan lumayan berkurang. Langit lebih biru, udara lebih bersih.

Pada daerah-daerah tertentu yang sudah lama dipadati manusia, sekarang satwa liar kembali terlihat.

“Tetapi pada saat yang sama, penggunaan plastik yang sekali pakai juga menambah karena lebih banyak orang memesan makanan delivery dan ini tentunya akan berdampak buruk kedepannya,” kata Nadine.

Reporter: Yolanda Parede

Editor: Regina Safri

3 views

Home Base : Pangandaran

Hotline : 0811 1091 518 | email : aku@pandulaut.org

  • Instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Twitter
  • Facebook Social Icon

©2019 @pandulaut.org