• Pandu Laut Nusantara

NIRINA DAN KEBIASAAN BERSEPEDA



1. Sejak kapan mulai bersepeda?

Sebenarnya, saya sudah mulai bersepeda dari tahun 2014, tapi mulai intens bersepeda dan bergabung dengan Bike To Work sejak 2018.

2. Mengapa suka bersepeda?

Saya suka berolahraga, seperti basket, tapi memasuki usia 35 tahun, saya rasa perlu melakukan olahraga yang lebih ringan dan memang dokter menyarankan berenang dan bersepeda bagi orang berusia lebih dari usia 35 tahun.

Aku hidup berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya. Sempat terbiasa bersepeda di China, kemudian lupa. Suamiku lebih dulu memulai kebiasaan bersepeda dan akhirnya mempengaruhi anak-anakku juga. Mereka bahkan pergi ke warung atau tempat les dengan bersepeda .

3. Tempat mana saja yang sudah dikunjungi dengan bersepeda?

Sejauh ini, yang paling jauh Bali (Jakarta-Bali), biasanya Bogor dan Puncak saja. Tapi kalo bepergian ke luar kota dan pulau pun seperti saat ini di Sorong, saya tetap bawa sepeda.

4. Apa sih kelebihan bersepeda?

Selain ramah lingkungan, dengan bersepeda, kita punya kesempatan untuk benar-benar menikmati momen dan pemandangan yang sulit dirasakan ketika bepergian menggunakan mobil atau motor.

Orang yang naik mobil atau motor lebih mudah terpapar polusi dari pesepeda. Ketika bersepeda, tubuh kita tetap bergerak meskipun terpapar polusi.

5. Tips untuk pemula?

Sepeda bukan soal gaya atau harganya. Sepeda harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika mau bersepeda di kota dengan menggunakan sepeda gunung, mungkin rasanya berat. Hal terpenting adalah, mulai saja dulu.

11 views

Home Base : Pangandaran

Hotline : 0811 1091 518 | email : aku@pandulaut.org

  • Instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Twitter
  • Facebook Social Icon

©2019 @pandulaut.org