• Pandu Laut Nusantara

Pasir Putih Menghitam, Pantai Cemara Karimunjawa Tercemar Limbah Tambak Udang


Pencemaran limbah di Pantai Cemara. Foto: tangkapan layar video METROTVNEWS.COM

Ketua Umum Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti memposting ulang postingan @Metro_TV di Twitter terkait pencemaran limbah di Pantai Cemara Pulau Karimunjawa Jepara, Jawa Tengah. Dari postingan tersebut, Susi merespon dengan emoticon menangis.


Dalam video unggahan @Metro_TV tersebut terlihat kondisi pasir putih di Pantai Cemara saat ini tertutup hamparan limbah lumut sutera.


Akibatnya, kondisi Pantai Cemara sangat memprihatinkan. Sudah dua bulan lebih, Pantai Cemara tercemar limbah lumut sutera.


Adapun pencemaran tersebut membuat biota laut dan ekosistem yang ada di pantai itu mati, serta menimbulkan bau tak sedap.


Warga setempat berpendapat, lumut sutera yang muncul di Pantai Cemara ini, akibat dari pembuangan limbah tambak udang yang beroperasi di wilayah Pulau Karimunjawa.


Atas kejadian itu, Warga sudah berusaha melakukan pembersihan, namun limbah tersebut terus bermunculan.


Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Farikha Elida menyebutkan, pencemaran di Pantai Cemara harus dibuktikan secara empiris melalui uji laboratorium dan serangkaian analisis. Jika hasil uji menunjukkan di atas baku mutu, maka akan dilakukan analisa sumber pencemaran.


Sumber: METROTVNEWS.COM

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua