• Pandu Laut Nusantara

Pemanasan Global Ancam Separuh Spesies Terumbu Karang di Dunia


Berbagai sektor kehidupan dihadapkan pada ancaman perubahan iklim. Di lautan, terumbu karang termasuk spesies yang terancam pemanasan global.


Perubahan temperatur laut membuat berbagai jenis terumbu karang terancam mengalami pemutihan. Ini karena kenaikan kadar karbondioksida di atmosfer menyebabkan suhu laut lebih panas dan lebih asam.


Penelitian jurnal Scientific Report yang dikeluarkan para peneliti di Hawaii mencoba memotret tiga spesies karang, yakni Montipora capitata, Porites compressa dan Porites lobata.


Hasil penelitan ini menunjukkan dua hal, pertama kenaikan suhu lautan merusak spesies karang. Sebanyak 61 persen karang mampu bertahan dari dampak pemanasan.


Peneliti dari The Ohio State McLachlan mengungkapkan spesies Porites lebih mampu bertahan dari jenis karang lainnya. Karang ini mampu beradaptasi dengan suhu dan keasaman di atas rata-rata.


"Kami menemukan hasil yang sangat positif dalam penelitian ini. Dari karang yang selamat, terutama Porites, mereka bertahan dengan baik dan bahkan berkembang," jelasnya.


Meski begitu, ketiga spesies karang ini mengalami kematian yang signifikan akibat suhu laut dan keasaman. Para peneliti juga mengemukakan adanya kemungkinan setengah dari spesies karang bisa mati karena dampak perubahan iklim yang parah.


Sumber: Mongabay.

28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua