• Pandu Laut Nusantara

Peringati HUT ke-77 RI, Pandu Laut dan Ratusan Warga Pangandaran Bersihkan 250 Kg Sampah Laut




Pangandaran-Ketua Umum Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti memimpin ratusan masyarakat dari berbagai latar belakang usia, untuk bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Pangandaran, Kamis (18/8).


Aksi bertajuk Menghadap Laut is Coming Back! ini digelar sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Kegiatan yang dimulai sedari Kamis pagi (18/8) ini, diawali dari Pantai Barat Pangandaran, di depan Hotel Laut Biru hingga bergerak menuju Ciborok Luar.



Kegiatan Menghadap Laut dibuka dengan membentangkan bendera di sepanjang pesisir pantai dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ketua Umum Pandu Laut tampak mengikuti dengan khidmat dari atas paddle board sembari hormat kepada Sang Saka.


Selanjutnya, pendiri Pandu Laut Nusantara melanjutkan aksinya dengan mengajak masyarakat memungut sampah-sampah di sepanjang pesisir pantai.


Pada saat yang sama puluhan orang tengah asyik berenang menikmati birunya laut. Sayangnya, kata Susi, mereka berenang bersamaan dengan sampah-sampah yang terbawa hanyut air laut.



"Kawan-kawan, inilah kita lihat masyarakat berenang, bersiwasata ria tapi mereka berenang bercampur bergelimang dengan sampah plastik," ujar Susi sembari memunguti sampah kemasan.


Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 mengingatkan lagi agar perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan kemasan plastik sekali pakai, membuat kegiatan-kegiatan untuk menjaga kebersihan laut. Sebab menurutnya, pantai terancam tak dilirik wisatawan apabila penuh sampah plastik.


"Saya mengimbau semua perusahaan, ada segala macam di sini, tolonglah bantu dengan kegiatan kebersihan pantai. Karena kalau tidak, sampah tidak akan bisa terkendali dan akhirnya pangandaran ditinggal wisatawan," sambungnya.



Total, Ketum Pandu Laut menyebut sudah mengumpulkan sebanyak 5 kilogram sampah saat baru saja memulai aksinya. Adapun secara total, seluruh relawan yang ikut aksi Menghadap Laut hingga siang hari, berhasil mengumpulkan 250 kilogram sampah plastik.


Antusiasme Susi Pudjiastuti untuk merayakan hari kemerdekaan dengan bersih-bersih laut sebelumnya juga telah ia sampaikan dengan mengajak masyarakat bersama-sama ikut kegiatan Menghadap Laut.


Susi mengungkapkan, komunitas yang ia dirikan memang selalu merayakan semangat kemerdekaan dengan cara bersih-bersih pantai.



"Kita lakukan setiap tanggal 18 Agustus, kita berbaris menghadap laut, diawali dengan lagu Indonesia Raya. Kita berjalan dan memunguti sampah di pantai kita," ujarnya.


Menurut Susi, aksi yang dilakukan bersama masyarakat ini, bisa menjadi bentuk merawat semangat para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan. Di mana pada zaman sekarang, bisa diterapkan dengan cara merawat apa yang telah diwariskan para pahlawan pada kita.


"Untuk apa? Untuk mengingatkan betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan laut kita. Untuk yang tidak punya laut, boleh di halaman rumah, di sungai melakukan hal yang sama," sambung Susi Pudjiastuti.


19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua