• Pandu Laut Nusantara

Susi Air dan Pandu Laut Gelar Susi Air Jamboree Aviation 2022 di Pangandaran


Pangandaran - Susi air berkolaborasi dengan Pandu Laut Nusantara menggelar kegiatan bertajuk Susi Air Jamboree Aviation 2022. Jambore ini diadakan selama tiga hari, mulai Jumat (17/6/2022) hingga Minggu (19/6/2022) di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip.


Ketua Umum Pandu Laut Nusantara yang juga pendiri maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kopi darat komunitas pecinta dunia penerbangan. Sekaligus juga untuk membuat masyarakat lebih dekat dengan dunia kedirgantaraan.


"Kita juga ingin membawa teman-teman, ya hobi itu bukan cuma moge, motor besar lalu mobil Jeep. Justru saya pikir kalau Indonesia indahnya dilihat dari atas. Jadi ya ingin menularkan cinta dirgantara pada semua. Dan untuk negara kepulauan saya pikir dirgantara lebih bisa menjangkau cepat," ujar Susi membuka kegiatan pada Jumat (17/6/2022).


Selama tiga hari kegiatan digelar, jambore diisi berbagai acara menarik. Masyarakat dapat menikmati aksi akrobatik dari setidaknya 40 pesawat berbagai tipe secara gratis.


Di samping itu, ada juga aksi bersih-bersih pantai dan menanam 300 bibit mangrove yang langsung dipimpin Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 itu. Kepedulian terhadap lingkungan terutama laut, merupakan salah satu visi yang menjadi rutinitas di Pandu Laut Nusantara.



Kegiatan ini dibantu oleh Kodam III Siliwangi, tim Susi Air, Pandu Laut Nusantara, serta pemerintah Kabupaten Pangandaran.



Pendiri Pandu Laut mengungkapkan, menanam mangrove merupakan salah satu upaya mengurangi dampak climate change atau perubahan iklim. Keberadaan pohon bakau diharapkan juga bakal menjadi rumah yang dapat melindungi biota-biota laut.


"Untuk saya, Pandu Laut, memang ini adalah kebun kita, kebun yang kita tanam, urus. Kepunyaan kita semua, bukan milik company, organisasi, ini untuk masyarakat semua, kenapa penting? Untuk menjaga habitat nursery ground-nya muara, karena muara itu tempat berkembang biak ikan dan lain-lain," ujar Susi.


Atas dasar itu, Susi mengingatkan agar masyarakat menjaga dan melindungi bibit-bibit mangrove yang sudah ditanam. Terutama dengan tidak membuang lagi sampah-sampah plastik ke sungai dan laut.


Dalam rangkaian acara, masyarakat bahkan tak cuma kebagian melihat akrobat pesawat semata. Sebanyak 24 warga diajak langsung oleh Ketua Umum Pandu Laut untuk merasakan langsung Joy Flight. Dua pesawat Susi Air disiapkan untuk mengajak warga melihat Pangandaran dari udara.


Menparekraf Sandiaga Uno Bicara Pariwisata Era Baru


Susi Air Jambore Aviation (SAJA) 2022 dihadiri tamu undangan dari berbagai negara. Dubes Tunisia Riad Dridi, Dubes Maroko Ouadia Benabdellah, Dubes UAE Abdulla Salem Aldhaheri, dan Dubes Yordania Abdullah Abou Rommane.


Hadir memeriahkan acara sederet komunitas penerbangan, mulai dari Indonesia Flying Club, Bandung Flying Club, Jogja Flying Club, hingga Jakarta Flying Club.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut hadir memenuhi undangan langsung dari Susi Pudjiastuti. Sandiaga menyatakan sangat mengapresiasi semangat Susi menghadirkan wisata penerbangan.


"Saya pengen apresiasi dari lubuk hati terdalam, saya sangat mengagumi semangat untuk menyelenggarakan acara ini, karena begitu banyak masyarakat sangat bahagia melihat seperti ini. Karena memang seumur-umur mereka belum tentu bisa naik pesawat, nah dengan acara ini saya ingin sungguh-sungguh melihat, mendukung kemungkinan ke depan," ujar Sandiaga Uno.

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua