• Pandu Laut Nusantara

Teknologi Penghalang Sampah Plastik Masuk ke Laut




The Great Bubble Barrier merupakan perusahan rintisan Belanda yang mengembangkan sebuah teknologi inovatif untuk mengantisipasi sampah plastik agar tidak sampai ke laut. Teknologi tersebut diberi nama The Bubble Barrier, berbentuk tirai bergelembung.


Teknologi ini mampu menangkap partikel plastik hingga seukuran 1 mm dan mampu menangkap sebanyak 86 persen sampah yang berada di sungai sepanjang jalan di Belanda.


"Selama 5 tahun terakhir, kami telah mengembangkan solusi terbaik dan hemat energi. Membuat gelembung untuk menjebak dan menghilangkan plastik dari saluran air," tulis The Great Bubble Barrier pada situs resminya.


Teknologi ini sangat cocok untuk berbagai ukuran dan jenis sungai, terutama untuk sungai yang terdampak sampah-sampah plastik.


Adapun teknologi ini sebagai antisipasi sampah-sampah plastik agar tidak sampai ke laut, mengapung, dibawa arus, hingga terakumulasi dengan sampah-sampah lainnya di laut lepas. Perusahaan ini berencana akan memasang lebih banyak The Bubble Barrier ke negara lainnya, salah satunya Indonesia.


Demi merawat perairan bebas sampah dan menjaga ekosistem laut agar tidak terancam akibat sampah-sampah plastik yang mengapung dan terbawa arus, kehadiran teknologi ini setidaknya mampu meminimalisir pencemaran dan ancaman terhadap perairan.


Sumber: Greeners.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua