top of page
  • Gambar penulisPandu Laut Nusantara

Cegah Ancaman Perubahan Iklim, Penanaman Mangrove Solusi Terbaik Mengurangi Emisi Karbon


Ilustrasi mangrove/bakau.

Dunia dikhawatirkan oleh isu besar tentang perubahan iklim. Hal tersebut menjadi ancaman yang serius bagi dunia, terutama negara yang menyandang sebutan sebagai "negara kepulauan".


Solusi terbaik untuk mencegah ancaman perubahan iklim tersebut ialah, dengan melakukan aksi penanaman pohon, yaitu penanaman mangrove.


Hal demikian dikarenakan, mangrove mampu memberikan banyak manfaat yang bisa diraih oleh alam, manusia, biota-biota laut, serta makhluk hidup lainnya.


Mengutip dari kkp.go.id, mengrove adalah jenis tanaman yang hidup di habitat air payau dan air laut.


Adapun beberapa manfaat dari hutan mangrove sebagai pencegah ancaman perubahan iklim, sebagai berikut:


1. Mencegah pemanasan global


Menilik pemanasan global menjadi isu penting yang tengah digaungkan saat ini. Sebab, pemanasan global merupakan ancaman serius untuk alam dan manusia.


Keberadaan hutan mangrove sangat vital dalam menjaga dan mencegah bumi dari dampak perubahan iklim.


Mangrove tak hanya sebagai penopang pamanasan dari perairan laut, namun juga berperan dalam mengatasi masalah banjir di kawasan pesisir.


2. Menjaga kualitas air dan udara


Hutan mangrove memiliki fungsi yang dapat menyerap semua kotoran yang berasal dari sampah, maupun kapal yang berlayar di laut.


Selain itu, hutan mangrove dapat menyerap logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi bersih, serta membantu alam dapat mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih.


3. Melindungi wilayah pesisir


Peran hutan mangrove juga berfungsi untuk melindungi pantai dan kawasan pesisir dari abrasi, seperti hempasan gelombang pasang air laut.


Dikutip dari National Ocean Service NOAA, akar bakau yang saling menyimpul dan kusut ini memungkinkan pohon untuk dapat kokoh menahan pasang surut air laut.


Di samping itu, fungsi akar bakau dapat memperlambat pergerakan air pasang, sehingga membuat sedimen mengendap keluar dari air dan membentuk dasar berlumpur.


4. Memberikan nutrisi


Mangrove memiliki nutrisi yang baik untuk lingkungan sekitar. Keberadaan mengrove tidak akan menjadi parasit yang mengganggu keseimbangan dari ekosistem yang ada di tepi pantai.


Justru sebaliknya, mangrove menjadi sumber nutrisi bagi lingkungannya, seperti memberi kesuburan pada tanah, karena mangrove hidup di antara daratan dan lautan.


5. Rantai makanan


Hutan mangrove juga berfungsi sebagai salah satu rantai makanan yang berperan sebagai produsen.


Mangrove merupakan tanaman yang disukai berbagai ikan kecil dan kepiting. Banyak biota laut yang dan makhluk hidup bergantung pada hutan mangrove.


Sementara itu, manfaat mangrove yang lain, seperti menjaga iklim dan cuaca, wisata, sumber pakan ternak, mencegah abrasi kawasan pesisir, tempat berlabuh pantai, dan lain sebagainya.


Itulah beberapa manfaat mongrove yang dapat menjadi pencegah ancaman terhadap perubahan iklim bagi alam, manusia, biota laut, dan makhluk hidup lainnya.


Sumber: KOMPAS.com

7 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page