top of page
  • Gambar penulisPandu Laut Nusantara

Dukungan Bapak Prabowo Subianto dan Ibu Susi Pudjiastuti untuk Pandu Laut dan Nelayan


(11 Oktober 2023) — Pandu Laut Nusantara melakukan program bagi-bagi kapal dan aksi bersih-bersih pantai, Pangandaran, Jawa Barat pada hari Rabu, 11 Oktober 2023. Kegiatan tersebut bertajuk “Bagi-Bagi Kapal dan Bersih-Bersih Pantai” yang dihadiri oleh ribuan peserta.

Program bagi-bagi kapal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pesisir, terutama nelayan-nelayan yang belum memiliki kapal untuk melaut. Pembagian 10 buah kapal nelayan beserta mesin dan paket jaring nelayan terwujud atas dukungan dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto. Pembagian kapal ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Bapak Prabowo saat berkunjung ke Pangandaran pada 17 Juli lalu.



10-unit kapal nelayan ini diberikan kepada nelayan dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Pangandaran hingga Natuna dan Wakatobi. Pada momen ini terdapat perwakilan nelayan yang berasal dari wilayah Pantura, tepatnya dari Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Nelayan tersebut berkesempatan untuk menyampaikan keluh-kesah mengenai kondisi kelautan saat ini yang membuat mereka semakin kesulitan untuk mendapatkan hasil laut. Dalam kesempatan ini, Bapak Prabowo dan Ibu Susi turun langsung menjajal kapal nelayan sebelum diberikan kepada para nelayan.


Dalam kegiatan yang berlokasi di Pantai Bulak Setra ini dihadiri oleh lebih dari 1500 peserta, yang berasal dari pelajar SMKN 1 Pangandaran, SMAN 1 Pangandaran, MAN 1 Pangandaran, SMK Bhakti Kencana Pangandaran, Bank Sampah Sahate, warga Desa Babakan, Kelompok Patriot Desa Pangandaran, pegawai, nelayan, dan masyarakat sekitar Pangandaran.


Melalui sambutannya Bapak Prabowo mengapresiasi antusiasme masyarakat Pangandaran yang hadir untuk berkontribusi untuk aksi bersih-bersih Pantai Pangandaran. Menurutnya Pangandaran perlu dijaga kebersihannya, agar pantainya tetap cantik dan menarik, sehingga kegiatan pariwisatanya tetap hidup dan dapat menghidupi masyarakat pesisir Pangandaran.



Setelah pembagian kapal usai, dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih pantai yang melibatkan seluruh peserta yang bergabung. Aksi pengumpulan sampah organik dan anorganik yang ada di Pantai Bulak Setra menghasilkan 1.382 sampah yang terkumpul. Pandu Laut Nusantara menginisiasi aksi bersih-bersih pantai dengan tujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang tercemar di laut, karena kondisi laut yang bersih akan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tangkapan nelayan.


Kedepannya Pandu Laut Nusantara akan terus melakuakan berbagai tindakan yang akan memberikan manfaat untuk laut dan memberdayakan masyarakat pesisir di seluruh Indonesia. Melalui berbagai kegiatan seperti bagi-bagi kapal, bersih-bersih pantai, pelestarian terumbu karang, dan aksi-aksi yang membawa manfaat baik bagi masyarakat, hewan, tumbuhan serta lingkungan. (*)




13 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page