top of page
  • Gambar penulisPandu Laut Nusantara

Menghadap Laut 2023: Our Future is Blue and Green!

Diperbarui: 1 jam yang lalu



(27 Oktober 2023) — Pandu Laut Nusantara kembali menggelar acara tahunannya yakni 'Menghadap Laut 2023: Our Future is Blue and Green!" di Pantai Pangandaran pada hari Jum'at 27 Oktober 2023. Acara bersih-bersih pantai dan penanaman bakau pasir ini terwujud berkat kerjasama Pandu Laut dan Susi Air dalam event rutin tahunan Susi Air yang bernama 'Pangandaran Air Show 2023 Powered by Susi Air'.


Dalam acara Menghadap Laut 2023 yang di hadiri oleh ratusan peserta dan para tamu dari Pangandaran Air Show 2023. Instansi yang terlibat dalam acara ini adalah: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab. Pangandaran, TNI Angkatan Udara, HNSI Kabupaten Pangandaran, Satgas Jaga Lembur Pangandaran, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, BEM Universitas Padjajaran, SMA N 1 Pangandaran, SMK N 1 Pangandaran, SMK Bhakti Kencana Pangandaran, SMK Bakti Karya Parigi, Putera Puteri Pangandaran, Yayasan Pangandaran Juara Indonesia, Bank Sampah Induk SAHATE Kabupaten Pangandaran, Tepi Pangandaran, dan Patriot Desa Kabupaten Pangandaran.



Setelah acara pembukaan Menghadap Laut 2023, rangkaian acara dilanjutkan dengan agenda bersih-bersih pantai untuk mengurangi sampah plastik agar tidak kembali ke laut, agar laut kita tetap biru dan terjaga dari pencemaran sampah plastik. Kemudian dilakukan penimbangan sampah yang di support oleh DLHK Kab. Pangandaran. Peserta dan tamu undangan Pangandaran Air Show 2023 antusias untuk mengumpulkan sampah-sampah plastik yang tersebar di tepi Pantai Pangandaran.



Menghadap Laut tahun ini dilengkapi dengan eco-booth dari Bank Induk Sampah SAHATE Pangandaran, yang memamerkan karya dari sampah plastik yang didaur ulang. Serta eco-booth dari SMK Bakti Karya Parigi yang menjual produk kewirausahaan sekolah, berupa karya kain shibori yang terbuat dari pewarna alami yang dibuat menjadi baju dan topi bucket hat.




Acara Menghadap Laut 2023 diakhiri dengan penanaman mangrove berjenis bakau pasir di tepi pantai Pangandaran yang bertujuan menjaga pesisir laut kita tetap hijau dan sebagai upaya pencegahan abrasi dan erosi pantai.


Menghadap Laut 2023 bersama dengan Susi Air mengusung tema "Our Future is Blue and Green!" untuk memaknai upaya skema Carbon Offset yaitu pengurangan emisi karbon yang tercipta oleh industri penerbangan yang menggunakan bahan bakar fosil, melalui kegiatan-kegiatan yang membawa manfaat bagi lingkungan seperti penanamanan mangrove untuk menambah stok oksigen dan mengurangi dampak emisi karbon, serta kegiatan bersih-bersih pantai yang kita lakukan ini.



5 tampilan0 komentar
bottom of page