• Pandu Laut Nusantara

Populasi Penduduk Indonesia Meningkat, Laut Kian Sekarat



Jumlah penduduk Indonesia mengalami penambahan signifikan. Worldometer merilis data per April 2022, penduduk Indonesia mencapai 27.752.361 jiwa.


Setidaknya terdapat penambahan sebanyak 2 juta jiwa dibandingkan tahun 2020. Penambahan ini berbanding terbalik dengan kian menipisnya jumlah lahan layak untuk dihuni manusia.


Alhasil, kepadatan penduduk ini kemudian membawa serta sejumlah permasalahan. Mulai dari kebutuhan pangan, meningkatnya polusi, limbah, sampah, serta menipisnya keanakaragaman hayati.


Bagi laut sendiri, peningkatan jumlah ini mengancam biodiversitas laut. Sejumlah masalah yang menyertai di antaranya terjadinya pemutihan karang, penangkapan ikan berlebih, polusi laut, hingga pemanasan suhu.


Perubahan kondisi seperti suhu air yang memanas dan polusi membuat terumbu karang semakin tertekan. Sehingga menjadi rentan terhadap penyakit dan kepunahan.


Pertumbuhan populasi telah memulai perubahan dramatis dalam ekosistem pesisir dalam berbagai cara dan masa depan kita akan sangat bergantung pada kemampuan untuk memulihkan kesehatan laut dan melindungi habitat laut.


Koral mengajak masyarakat untuk memperbaiki gaya hidup dengan mengurangi limbah rumah tangga, menghemat penggunaan listrik dan air. Di samping juga mengawasi setiap regulasi pemerintah yang memungkinkan terjadinya perusakan lingkungan lebih jauh lagi.


Sumber: Koral.

0 tampilan0 komentar