top of page
  • Pandu Laut Nusantara

Seafood, Solusi Stunting dan Kualitas Manusia


Ilustrasi makan seafood.

Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, karena menilik Indonesia merupakan negara maritim yang lautnya lebih luas dari daratannya, yaitu 70% lautan dan 30% daratan.


Ketua Umum Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti mengatakan, laut Indonesia merupakan nomor dua terpanjang di dunia.


Ada banyak aneka ragam makanan yang sehat dan lezat di dunia ini, salah satunya makanan yang asalnya dari laut, yaitu seafood atau makanan laut.


Indonesia sebagai negara maritim dengan potensi dan produksi sumberdaya perikanan yang tinggi, serta ketersediaannya sepanjang tahun membuat hasil laut menjadi pangan hewani utama yang memungkinkan untuk ditingkatkan konsumsinya.


Menurut Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, permasalahan gizi di Indonesia masih cukup memprihatinkan yang ditandai dengan tingginya angka stunting di negara ini.


Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Tahun 2016 menunjukkan persentase balita dengan kategori pendek dan sangat pendek atau biasa disebut stunting sebesar 29%.


Stunting merupakan ancaman utama bagi kualitas manusia.


Oleh sebab itu, solusinya ialah dengan meningkatkan konsumsi seafood, karena hal ini merupakan upaya meningkatkan gizi penduduk Indonesia, karena seafood mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.


"Makan ikan juga untuk mencegah stunting," kata Susi.


Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti mengatakan, dalam ikan juga terkandung zat omega yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak, sehingga konsumsi ikan akan membuat manusia menjadi pintar.


"Omega hanya dimiliki ikan, kalau sayuran, mineral dan vitamin, omega hanya dari ikan. Omega penting untuk otak. Kita dididik, dilatih, tapi kalau IQ rendah akan susah (menangkap materi pelajaran), kalau IQ tingga, kita sekolah tidak akan sia-sia," jelasnya.


Sewaktu menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berharap ikan bisa menjadi santapan wajib bagi masyarakat Indonesia.


"Saya ingin ikan menjadi sebuah makanan wajib di setiap rumah because it is cheaper, because it is healthier, and the omega is very important for the brain development of our people," tuturnya.


Dikutip dari Jitunews.com, makanan laut mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan B12.


Selain itu, manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi seafood, yaitu kaya akan protein, memiliki kandungan asam lemak omega 3, melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung, serta mampu meningkatkan kesuburan pasutri.


Bukan hanya itu, mongkonsumsi seafood juga dapat menghindari dari depresi serta penyakit mental, mampu meningkatkan penglihatan, membantu menyembuhkan asma, memperlambat penuaan, menyehatkan tulang, dan baik untuk anemia.


Sedangkan bagi yang menjalani program diet, seafood merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi, karena rendah kalori dan tinggi protein.


Jadi tidak perlu khawatir akan kalori seafood. Seafood juga merupakan sumber protein hewani yang sangat efektif dalam pembentukan serta peningkatan massa otot.


Maka dari itu, mari tingkatkan konsumsi seafood demi kesehatan kita dan anak-anak kita generasi bangsa, agar terhindar dari gangguan pertumbuhan dan perkembangan akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page