top of page
  • Gambar penulisPandu Laut Nusantara

Lepas Penyu dan Bersih Pantai di Pangandaran Bersama Ibu Susi, Harapan Bersama yang Terus Tumbuh




(17 Juli 2023) — Pandu Laut Nusantara melepas penyu dan melakukan aksi bersih-bersih pantai, Pangandaran, Jawa Barat, Senin, 17 Juli 2023. Kegiatan tersebut bertajuk “Pelepasan Penyu dan Bersih-bersih Pantai Bersama Ibu Susi” dan diikuti oleh ribuan peserta.


Melalui kegiatan tersebut, Pandu Laut Nusantara melakukan pelepasliaran penyu di laut lepas Pangandaran yang dihadiri langsung oleh Susi Pudjiastuti. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian populasi penyu. Penyu-penyu itu didapat atas kerja sama dan dukungan dari PT Pertamina Patra Niaga Fuel Maos, Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Jawa Tengah.





Dalam kegiatan tersebut, hadir sebanyak 1.428 peserta, salah satunya Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto. Acara ini juga melibatkan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Maos, BKSDA Jawa Barat, BKSDA Jawa Tengah, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran, Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, SMAN I Pangandaran, SMKN 1 Pangandaran, SMK Bhakti Kencana Pangandaran, Masyarakat Pangandaran, serta seluruh relawan Pandu Laut Nusantara.


Selepas pelepasliaran penyu, acara dilanjutkan dengan membagi 12 mesin kapal nelayan oleh Prabowo Subianto kepada masyarakat Kabupaten Pangandaran yang diwakili oleh seorang rukun nelayan. Susi Pudjiastuti pun turut mengucapkan rasa terima kasih kepada Prabowo. Acara kemudian ditutup dengan agenda bersih-bersih pantai dan makan bersama.





Pandu Laut Nusantara menginisiasi gerakan tersebut dengan tujuan untuk menjaga biota dan kebersihan laut agar jumlah sampah yang tercemar dan bersifat merusak dapat terus berkurang. Bagi Pandu Laut Nusantara, laut dapat diberdayakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melakukan bersih-bersih pantai secara rutin. Sebab, di masa depan, sampah dapat merusak dan mengancam masa depan manusia. Maka, manusia perlu bertindak untuk memberi rasa aman kepada seluruh makhluk hidup. Hal tersebut juga dapat berguna untuk memperkuat dan memberdayakan nelayan di Indonesia.


Oleh karena itu, Pandu Laut Nusantara akan terus melaksanakan berbagai program yang akan memberi manfaat, khususnya bagi laut, lebih luas terhadap lingkungan. Sebab, dengan memikirkan bumi dan bergerak saling bantu, Pandu Laut Nusantara yakin hal tersebut dapat memberi manfaat besar bagi umat manusia.


Ke depannya, Pandu Laut Nusantara akan terus melakukan berbagai tindakan yang akan memperkuat dan memberdayakan laut. Selain bersih-bersih pantai, Pandu Laut Nusantara juga akan melakukan pelestarian terumbu karang, dan tindakan-tindakan lain yang dapat membawa manfaat, baik bagi manusia, hewan, tumbuhan, serta alam. (*)




6 tampilan0 komentar
bottom of page